Browse » Mauidzoh Khasanah » Pengajian Tafsir Jalalain oleh Drs. KH Cholil Dahlan

Pengajian Tafsir Jalalain oleh Drs. KH Cholil Dahlan

Pengajian Tafsir Jalalain di Pon Pes Darul Ulum khususnya di Pondok Induk diadakan setiap ba'da magrib hari Jumat, Sabtu dan Ahad dan di asuh oleh Drs. KH Cholil Dahlan. Berikut adalah pengajian edisi Jum'at, 11 Juni 2010 :

Pembahasan :Ayat tersebut menjelaskan tentang ancaman bagi orang-orang Yahudi dan Nasrani yang tidak mau masuk Islam dan selalu berusaha untuk meruntuhkan Islam (angas- jowo ) seperti yang akan dijelaskan di bawah ini. Namun secara tersirat ayat tersebut juga memberikan kabar terhadap orang-orang Islam yang beriman kepada Allah dan Rosul-Nya.

Diriwayatkan oleh Imam Bukhori bahwa ada seorang laki-laki yang datang kepada Rosulullah SAW menanyakan tentang waktu datangnya hari kiamat kemudian Rosulullah bertanya kepada laki-laki tersebut sudahkah engkau punya bekal yang cukup ? tidak saya hanya mencintai Allah dan Rosul-Nya, lalu Rosulullah SAW bersabda “ kamu akan bersama dengan yang engkau cintai . Ini membuktikan bahwa orang-orang yang taat kepada Allah dan Rosulnya pastilah mendapatkan tempat yang layak di akhirat nanti, sedangkan bagi orang-orang yang tidak mau beriman :

  • Satu-satunya agama yang diridlai Allah adalah agama Islam, agama yang berada di bawah pimpinan nabi Muhammad SAW firman Allah SWT dalam surat al-maidah ayat 3:
    pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu Jadi agama bagimu. 
  • Tak ada perbedaan antara orang Islam dengan ahli kitab (yahudi nasrani) karena berasal dari agama yang satu (agama tauhid) kecuali di antara mereka ada yang dengki.
  • Perintah Allah terhadap nabi Muhammad untuk menghadapi orang-orang yahudi dan nasrani yang memperdepatkan kebenaran di sisi mereka maka Allah berfirman maka katakanlah bahwa aku telah berserah diri kepada Allah SWT dan orang-orang yang mengikutiku maka kalian juga apakah mau masuk Islam !â€? jika mereka mau masuk Islam mereka benar-benar mendapatkan petunjuk jika tidak maka cukuplah bagimu untuk menyampaikan saja (hasilnya urusane gusti Allah).
  • Orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Allah SWT (mereka adalah orang-orang yahudi) diriwayatkan bahwa orang-orang yahudi telah membunuh 43 orang nabi kemudian para pengitutnya mencegahnya mereka berjumlah 140 tapi orang yahudi terlalu kuat sehingga mereka juga membunuh semuanya sesuai dengan masa nabi-nabi tersebut dan Allah berkata kepada nabi Muhammad SAW maka gembirakannlah mereka dengan datangnya siksa yang pedih maksudnya dengan kata gembirakanlah (fabasysyirhum) untuk menghina mereka.
  • Orang yang demikian adalah orang yang amal perbuatannya di dunia dan di akhirat seperti shodaqoh, sholaturrohim lenyap semuanya tanpa ada yang menolong dari adzab adzab Allah karena perbuatan mereka sesuai dengan keterangan di atas.


tgl-post2015-04-01 author-postAdmin label-postMauidzoh Khasanah
Print BeritaPrint PDFPDF



Ada 0 komentar untuk berita ini
Tinggalkan Komentar

Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.websitekamudong.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas