Browse » Informasi Pondok Pesantren » Persiapan UNBK/UN CBT, SMK Telkom Darul Ulum terapkan UAS CBT

Persiapan UNBK/UN CBT, SMK Telkom Darul Ulum terapkan UAS CBT

Ujian berbasis komputer atau computer base test (CBT) yang tengah dikembangkan pemerintah sudah mulai diimplementasikan di SMK Telkom Darul Ulum Jombang. Setidaknya CBT tersebut, dilaksanakan pada ujian akhir sekolah (UAS) 2015/2016.

Jumlah kelas yang mengikuti UAS CBT hanya kelas XII sebagai persiapan UN CBT 2016. Sementara untuk kelas X dan kelas XI masih melaksanakan UAS manual. Ini disebabkan, karena hal teknis tentang sarana yang ada, seperti jumlah PC (Personal Computer) dan server.

"UAS CBT ini menggunakan perangkat komputer yang disediakan oleh sekolah. Ada 6 Laboratorium Komputer dan 120 PC yang kami sediakan," kata Kepala SMK Telkom Darul Ulum, Ir. H. Nawawi.

Sebenarnya, kata Ir. H. Nawawi semua siswa sudah familiar dengan Ujian CBT, namun karena terkendala sarana dan prasarana tadi maka UAS CBT hanya diikuti kelas XII. Ke depannya, ia ingin ujian, baik UTS, UAS, dan ulangan lainnya hingga ujian nasional (UN)  harus online atau CBT.

"Kami menggunakan server sendiri, server lokal. Jadi dikelola sendiri. Makanya selain ujian, kami pun sudah melakukan e-lerning atau pembejaran secara online. Terutama untuk siswa kelas XI yang melaksakan prakerin di industri. Walaupun ada di industri tetapi KBM tetap berjalan lewat e-learning bahkan guru diwajibkan membuat ulangan harian online 2 minggu sekali untuk dikerjakan anak-anak lewat online." ujarnya.

Dikatakannya, keuntungan dengan ujian sistem CBT ini, bisa mempermudah siswa dalam mengerjakan soal. Bagi guru mempermudah sistem pelaporan, lalu mengurangi kertas atau paperless sehingga bisa menghemat biaya fotocopy atau pembelian kertas. Disamping itu soal – soal juga diacak secara otomatis sehingga komputer satu dengan yang lain soal yang muncul berbeda. Hal ini akan mengurangi tingkat kecurangan siswa dalam ujian.

UNBK/UN CBT 2016

Terkait hal ini, menurut Ir. H. Nawawi, SMK Telkom Darul Ulum memutuskan untuk melaksanakan UN CBT pada 2016. Pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk saran dan prasarana, serta server yang memadai. Antara lain 120 unit PC, 5 unit PC Server dan 25 unit laptop bantuan dari pemerintah.

"Insya Allah sudah siap. Kita sudah mendaftar ke dinas pendidikan untuk melaksanakan UN CBT tahun 2016. Sekarang sedang proses uji coba server semi online. Sedangkan tanggal 9 Desember keatas sudah harus Uji coba semua siswa" ujar Ir. H. Nawawi


tgl-post2015-12-05 author-postAdmin label-postInformasi Pondok Pesantren
Print BeritaPrint PDFPDF



Ada 0 komentar untuk berita ini
Tinggalkan Komentar

Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.websitekamudong.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas